Home > Ekonomi > Schelling segregation experiment

Schelling segregation experiment

Kenapa mahasiswa Indonesia di Melbourne mayoritas tinggal di Brunswick?

Kenapa orang keturunan Cina banyak tinggal di kawasan pecinan?

Pertanyaan-pertanyaan diatas adalah soal “segregasi”, lawan kata dari “integrasi”, yang menunjukkan kecenderungan individu untuk mengelompok sesuai dengan preferensi mereka. Misalnya, preferensi untuk tinggal bersama orang Indonesia, untuk tinggal bersama kelompok etnis yang sama, untuk berteman dengan sesama penggemar manga, dan seterusnya.

Thomas Schelling mencoba menjelaskan perilaku ini dengan membuat eksperimen sederhana sebagai berikut. Pertama, bayangkan lingkungan tempat tinggal anda terdiri atas blok-blok dimana tetangga anda bisa tinggal di sebelah utara, selatan, timur, atau barat rumah anda. Kedua, asumsikan hanya ada 2 kelompok (kelompok merah dan kelompok hitam) yang sebarannya acak pada awalnya. Dengan demikian, kita bisa menggambarkan situasi ini dalam matriks (10×10) seperti dibawah ini dimana letak kotak hitam dan merah disebar secara acak.

Image

Ketiga, anda punya preferensi dalam bertetangga. Anggap saja anda hanya mau mentoleransi maksimal 2 tetangga yang berbeda dengan anda. Artinya, jika anda masuk kelompok merah, anda hanya mau punya tetangga yang dari kelompok hitam maksimal 2 tetangga. Keempat, apabila preferensi anda tidak terpenuhi maka anda harus pindah ke kawasan kosong terdekat yang sesuai dengan preferensi/selera anda. Contohnya, individu merah di cell A8 dikelilingi 3 tetangga hitam, oleh karena itu dia harus pindah ke lokasi terdekat (misalnya ke D8).

Image

Contoh lagi, kali ini untuk individu di cell G3 yang pindah ke G1.

Image

Apabila proses ini kita ulang terus menerus hingga semua individu puas maka tampak ada pengelompokan antara merah dan hitam (lihat foto dan video dibawah).

schgif1

schfinal1

Segregasi antara kelompok merah dan hitam

Nah, apabila kita ubah aturannya: seorang individu hanya mau punya tetangga yang berbeda maksimal 1 tetangga saja. Maka segregasi antara dua kelompok ini jadi makin nyata (lihat foto dan video dibawah).

schfinal2

Segregasi kelompok merah dan hitam makin nyata jika seorang individu hanya mau menoleransi 1 tetangga yang berbeda

Dari eksperimen sederhana ini maka segregasi sosial yang terjadi merupakan hasil dari perilaku individu yang memaksimalkan kepuasan berdasarkan preferensi yang dia punyai. Sehingga dinamika sosial seperti ini terjadi sepertinya bukan karena kelompok tertentu menyepakati secara eksplisit keinginan untuk memisahkan diri, namun karena perilaku individu mendorong terjadinya perilaku bersama (sosial).

Dari eksperimen ini, dan dari karya-karya ilmiahnya yang lain, Thomas Schelling dianugerahi hadiah Nobel bidang ekonomika pada tahun 2005.

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

LPDP VIC

it's between me and my thought

TwistedSifter

The Best of the visual Web, sifted, sorted and summarized

BLOG Swastika Nohara

Life is the coffee, while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life.

MankyDaily

it's between me and my thought

The Yosodihardjo's Story Page

A Life Journal of Lelaki Jawa

Silva's journal of life

life - passion - motherhood - food & cooking

Subsymphonika's Blog

You Can't Stop A Story Being Told

hotradero

it's between me and my thought

Multiply Motulz

Used To Posted in Multiply

the journal

"I dont want to live in a hand-me-down world of others experiences. I want to write about me, my discoveries, my fears, my feelings, about me"

Biar sejarah yang bicara ......

Menggali jejak sukma nagara | Mengibas cakrawala mengepak mayapada | Melesatkan pikiran yang tak tembus peluru | Membiarkan hati bersuara | Karena masa lalu mereka adalah masa depan kami

INSAN BERBAGI

it's between me and my thought

Reading Mas-Colell

it's between me and my thought

New Economic Perspectives

it's between me and my thought

mainly macro

it's between me and my thought

Stochastic Trend

it's between me and my thought

Retas

Tentang bahasa dan pemanfaatannya

%d bloggers like this: