Archive

Archive for August, 2012

#invisiblehand

August 28, 2012 Leave a comment

<— tadi siang baca (cepat) buku tipis karangan Milton Friedman “Friedman on Galbraith” dan menemukan argumen menarik http://www.amazon.co.uk/Friedman-Galbraith-curing-British-disease/dp/0889750157 …

Menurut Friedman, dlm dunia politik ada individu yg, dlm pandangan individu itu, bekerja demi kepentingan umum.

Tp sebenarnya mereka didorong oleh “invisible hand” yg justru membawa mereka utk bekerja demi kepentingan pribadi (walau niatnya tdk begitu)

Maksudnya bagaimana? Menurut Friedman, jika dlm pasar ekonomi km mendpt apa yg km bayar, maka tdk demikian di pasar politik.

Jika saya pergi ke pasar ekonomi utk belanja $1 maka sy akan dpt barang senilai $1, maka sy ada insentif utk membelanjakan $1 itu dg tepat.

Read more…

Categories: Ekonomi

August 27, 2012 Leave a comment

If I were him, I’d suspend myself.

Zdenek Zeman on Antonio Conte

Categories: Quotes

#liddle

August 22, 2012 Leave a comment

Ini baru seminar kelas dewa. Semua Indonesianis dtg di seminarnya Bill Liddle. (@ Arndt Building) 

wokeh, as requested, mau share isi seminar barusan oleh William Liddle “Indonesian Democracy: Transition to Consolidation” 

Categories: Politik dan sejarah

August 18, 2012 Leave a comment

Yang paling utama adalah mencari nasihat. Bukan memberi nasihat.

Ibunda Zulkifli Lubis (komandan inteljen pertama Indonesia) saat melepas anaknya sekolah ke Jogja

Categories: Quotes

#jikaXmakaY #ekonometri

August 15, 2012 Leave a comment

secanggih dan se-fancy apapun nama model , ujung2nya tu cuma mau membuktikan apakah “X menyebabkan Y”

salah satu hal penting yg gw pelajari selama ini: “karena ngga pernah merasakan bukan berarti ngga ada”

hanya krn ngga merasakan jalan beraspal mulus bukan berarti ngga ada yg peduli dg jalan aspal

kembali ke , ilmuwan susah payah blajar utk bilang “X maka Y”. bhw ga ada aspal mulus (Y) ga berarti ga ada org yg peduli itu (X)

tp emg itu sih problemnya ilmuwan/ekonom: ga pinter mengkomunikasikan ini ke masyarakat. org taunya “lha ini jln rusak, pasti krn korupsi!”

lalu bagaimana tau kl “X maka Y” dan bkn “Y maka X”? gmn jika “X dan Z maka Y”, gmn jika Z ga masuk? gmn jika sebenarnya “Z maka Y”? mumet!

gmn jika seiring waktu X berubah jd Y? gmn jika X di kota 1 beda dg X di kota 2? gmn jika “X maka Y maka X”? gmn jika X yg kmrn ngefek ke Y?

gmn jika X ga bs diukur? gmn jika “X maka Y” hanya berlaku di kota 1 dan tdk di kota 2? gmn jika data utk X dan Y cuma sedikit?

ah sudahlah, mau cari makanan buat berbuka dulu. kalo yg ini jelas: jika saya makan maka saya kenyang! :))

Categories: Ekonomi

On the scope and limits of reforming Islam

August 5, 2012 Leave a comment
Categories: Islam

#reform part 3

August 5, 2012 Leave a comment

 part 2 – Lanjut sharing isi buku Radical  karya Tariq Ramadan ah… Yg kmrn kelewat, rangkuman…

Lanjutan cerita Radical  dari Tariq Ramadan berlanjut lagi! Maaf ada jeda lama, (sok) sibuk 🙂 Ringkasan yg lalu

Terakhir kita sudah membahas ttg mazhab Syafi’i, Hanafi, dan sedikit Maqasid. Maqasid sendiri berarti tujuan atau “maksud”. 

Ada 2 jenis “maksud” disini: yg ditentukan oleh Tuhan & yg berdasar dr manusia. Nah disini ada dialektika … 

… dialektika antara maksud Tuhan seperti yg terkandung dlm teks suci dan konteks kehidupan manusia. 

Nah utk tahu maksud/tujuan Tuhan, aliran ini menggabungkan metode induktif ala mazhab Hanafi dg metode deduktif ala mazhab Syafi’i. 

Saya sendiri tdk begitu paham bgmn menggabungkan keduanya itu, yg jelas adalah pentingnya konteks dlm memahami teks suci.

Disini Tariq Ramadan menegaskan berulang2 pentingnya kita mencari apa makna dan tujuan dr apapun yg kita temui di dunia.

Seperti yg sy sebut dl, ulama DAN ilmuwan hrs duduk bersama & setara. Tentu utk urusan ibadah & akidah hak prerogatif ulama an-nusus 

Read more…

Categories: Islam

#reform part 2

August 5, 2012 Leave a comment

Lanjut sharing isi buku Radical  karya Tariq Ramadan ah… Yg kmrn kelewat, rangkuman twitnya ada disini —>

Sebelum mulai berkicau ada baiknya sy kasi sedikit latar belakang pengarangnya: Tariq Ramadan (50) lahir di Swiss tp keturunan Mesir

Dia cucu Hasan al-Banna, tokoh pembaharu Islam asal Mesir abad ke-20, pendiri Ikhwanul Muslimin yg menginspirasi PKS di Indonesia.

Tariq Ramadan skrg jd profesor Islam Kontemporer di Oxford dan menurut Time termasuk 1 dr 7 pemikir agama terbesar abad ke-21.

Jika tweeps pernah lihat videonya, dia sangat santun dlm bertutur kata, pak Beye aja kalah kali ya :p Contoh:  

Oke itu saja dulu pengantarnya. Skrg masuk ke konten, kali ini kita bahas bab 3-6. 

Oya kmrn saya kelewat 1 poin penting: kmrn saya hny sebut bhw ulama & ilmuwan hrs duduk sejajar, tp lupa menyebut kewenangan masing2 

Nah dlm Islam ada konsep yg sifatnya mutlak (immutable) dan ada yg butuh interpretasi sesuai konteks (dinamis, mutaghayyir). 

Read more…

Categories: Islam

August 2, 2012 Leave a comment

There is no such thing as failure, it’s just an elimination of bad possibilities in life.

Categories: Quotes
LPDP VIC

it's between me and my thought

TwistedSifter

The Best of the visual Web, sifted, sorted and summarized

BLOG Swastika Nohara

Life is the coffee, while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life.

MankyDaily

it's between me and my thought

The Yosodihardjo's Story Page

A Life Journal of Lelaki Jawa

Silva's journal of life

life - passion - motherhood - food & cooking

Subsymphonika's Blog

You Can't Stop A Story Being Told

hotradero

it's between me and my thought

Multiply Motulz

Used To Posted in Multiply

the journal

"I dont want to live in a hand-me-down world of others experiences. I want to write about me, my discoveries, my fears, my feelings, about me"

Biar sejarah yang bicara ......

Menggali jejak sukma nagara | Mengibas cakrawala mengepak mayapada | Melesatkan pikiran yang tak tembus peluru | Membiarkan hati bersuara | Karena masa lalu mereka adalah masa depan kami

INSAN BERBAGI

it's between me and my thought

Reading Mas-Colell

it's between me and my thought

New Economic Perspectives

it's between me and my thought

mainly macro

it's between me and my thought

Stochastic Trend

it's between me and my thought

Retas

Tentang bahasa dan pemanfaatannya